Selisik Mazda CX-30 Yang Ada di 2020

  • Whatsapp
Selisik Mazda CX-30 Yang Ada di 2020

Beritakotak.com, Jakarta– Mazda CX-30 direncanakan ada di Indonesia semester pertama 2020. Walau tidak ada yang dapat kami hubungi untuk memverifikasi masalah ini, tetapi dokumen di instansi pemerintahan tunjukkan, mobil ini telah siap di jual. Serta bandrol (sebelum pajak) telah tercantum. Kisarannya di antara Rp 320 sampai Rp 360 juta-an. Ingat, belum terhitung PKB.

Prediksi kami, sebab diposisikan antara CX-3 serta CX-5, tak perlu bingung harga melalui angka 450 juta-an. Bagaimana juga, lihat detail di situs Mazda global, mobil ini cukup dapat dapat acungan jempol. Feature lengkap serta eksklusif, design bagus ciri khas Mazda, disertai mesin SKYACTIV hebat jadi penggeraknya. Lumrah jika harga tinggi demikian.

Berbasiskan Mazda3, perawakannya lebih lebar dari CX-3 (lebar 1.795 mm, panjang 4.395 mm, tinggi 1.540 mm). Filosofi design Kodo yang bersih tetapi tegas, kelihatan di wajah atau seputar body. Grille trapezoid dijepit lampu penting berdesain tajam. Atap rendah serta bodi moulding di spatbor serta pintu, memperjelas mobil ini campur sari di antara hatchback-SUV. Hal yang sama berlaku untuk buritan. Minim lekukan dengan lampu belakang yang kelihatan tegas. Menurut kami, dari pojok mana saja mobil ini kelihatan bagus.

Interiornya familiar. Khususnya buat pemakai Mazda terbaru. Dashboard rapi tanpa ada lekukan yang tak perlu. Sama seperti di exterior. Mode semacam ini, memunculkan kesan-kesan interior yang luas. Serta Mazda mengklaim, kabin depan sama leganya seperti CX-5 yang semakin besar. Ini harus dibuktikan kelak. Walau demikian, kami kurang percaya dengan ruangan kepala di belakang. Atapnya melengkung ala mobil coupe yang melandai di buritan. Berkaca pada CX-3 yang atapnya demikian, kelihatannya CX-30 memiliki interior belakang yang sempit. Ditambah lagi dia lebih pendek seputar 30 mm dibandingkan Mazda3 hatchback. Serta rutinitas Mazda , jendelanya kelihatan kecil. Ini dampaknya buat ruangan jadi berasa sempit. Tetapi satu kali lagi, harus dibuktikan.

CX-30 diberi penggerak yang sama juga dengan saudaranya itu. Di Indonesia, mesin SKYACTIV 2.0 G (bensin) jadi penggerak penting dengan transmisi 6-speed automatis jadi penyalur daya ke roda depan. Tetapi di pasar luar negeri, crossover ini memiliki beberapa pilihan mesin lain. Yang pertama 1,8 liter diesel (SKYACTIV D). Tercanggih bermesin Skyactiv X, yang memprioritaskan tehnologi penataan percikan busi selanjutnya membuahkan desakan ledakan yang maksimal di ruangan bakar. Belumlah ada detail sah yang dikeluarkan. Tetapi jika lihat di pasar luar, tenaga puncaknya dapat sampai 164 PS dengan torsi 210 Nm.

Jujur, kami cukup ketertarikan bila lihat bentuknya. Yang menjadi ganjalan, kemungkinan harga yang begitu tinggi. Sebatas catatan, di pasar Indonesia, Mazda tetap menampik untuk dibanding dengan mobil sama dari pabrikan Jepang. Serta mereka berkelanjutan menjaga pertimbangan itu. Tetapi kami pun tidak dapat temukan padanannya. Dibanding BMW X1, harga begitu jauh. Dengan HR-V 1.8 demikian. Jawara Honda itu tambah murah (Rp 409 juta). Tetapi dibandingkan Toyota C-HR yang paling murah (Rp 503 juta OTR DKI), CX-30 tambah murah memang. Kita nantikan saja seperti apa mobil ini.

Pos terkait