Banjir Jakarta, Pintu Air Manggarai Masih Waspada 2

  • Whatsapp
Banjir Jakarta Pintu Air Manggarai Masih Waspada 2

Beritakotak.com, Jakarta – Banjir kiriman dari Katulampa Bogor diperkirakan datang di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan jam 18.00-20.00 WIB, Rabu (1/1/2020). Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air, sampai jam 17.00 WIB, ketinggian air di PA Manggarai Waspada 2.

Pengamatan tinggi muka air oleh BPBD DKI Jakarta serta Dinas Sumber Daya Air pada jam 17.00 WIB barusan, tunjukkan tinggi PA Manggarai alami kenaikan tinggi muka air.

Muat Lebih

“(Manggarai) Waspada 2,” kata Kepala BPBD DKI Subejo waktu di konfirmasi mendekati banjir kiriman dari Bogor, Jakarta, Rabu (1/1/2019)

Menurutnya, tinggi permukaan air di PA Manggarai sampai 885 cm. Sesaat, keadaan cuaca di daerah itu, mendung. Status Waspada 2 juga disematkan.

Tinggi permukaan air di Pintu Air Karet (Banjir Kanal Barat) terarah 630 cm dengan cuaca mendung tipis. Status Waspada 1 juga diputuskan.

Sedang, di Bendung Katulampa, tinggi permukaan air sekitar 70 cm dengan keadaan mendung tipis (waspada 4). Sesaat, tinggi permukaan air di Angke Hulu sampai 345 cm dengan cuaca mendung (waspada 1).

Tubuh Penanggulangan Musibah Wilayah (BPBD) DKI Jakarta meramalkan ada 13 kelurahan di wilayah saluran sungai atau bantaran Kali Ciliwung terserang banjir kiriman dari Bogor. Awalnya, Rabu (1/1/2020) sore hari ini, Jakarta akan terima banjir kiriman dari Katulampa serta Depok.

Kepala Pusat Data serta Info Kebencanaan BPBD DKI M Ridwan menjelaskan, banjir kiriman dari Katulampa, Bogor direncanakan datang di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan jam 18.00- 20.00 WIB.

“Ketinggian PS Katulampa 150 cm atau waspada tiga jam 11.00 WIB. Mengantisipasi kurang lebih 6-9 jam akan sampai di PA Manggarai,” tutur Ridwan waktu di konfirmasi, Rabu (1/1/2019).

Ridwan menyebutkan BPBD telah bekerjasama dengan beberapa petugas untuk menghadapi banjir kiriman. Info serta peringatan awal supaya masyarakat di seputar bantaran Ciliwung siaga sudah ditebar.

Masyarakat yang alami keadaan genting karena banjir Jakarta, BPBD menyarankan, supaya mengontak call center Jakarta Waspada 112 atau 119.

Berikut 13 kelurahan di Jakarta yang diperkirakan akan terserang banjir kiriman:

1. Srengseng Sawah, Jakarta Selatan

2. Rawajati, Jakarta Selatan

3. Pengadegan, Jakarta Selatan

4. Cikoko, Jakarta Selatan

5. Pejaten Timur, Jakarta Selatan

6. Cawang, Jakarta Timur

7. Bidara Cina, Jakarta Timur

8. Kampung Melayu, Jakarta Timur

9. Manggarai, Jakarta Selatan

10. Kebon Baru, Jakarta Selatan

11. Bukit Duri, Jakarta Selatan

12. Balekambang, Jakarta Timur

13. Cililitan, Jakarta Timur.

Pos terkait