Banjir Kiriman Mulai Hampiri Jakarta, Air Kali Ciliwung di Kampung Pulo Meluap

  • Whatsapp
Banjir Kiriman Mulai Hampiri Jakarta Air Kali Ciliwung di Kampung Pulo Meluap

Beritakotak.com, Jakarta – Banjir kiriman mulai sampai ke Jakarta. Air Kali Ciliwung di selama lokasi Kampung Pulo, Jakarta Timur serta Bukit Duri, Jakarta Selatan mulai meluap.

Dikutip dari laman Liputan6.com, Rabu (1/1/2020), air meluap lewat pembatas sungai jam 18.50 WIB. Kubangan air juga meninggi seiring berjalannya waktu.

Muat Lebih

Masyarakat mulai mengalihkan kendaraannya yang diparkir di jalanan jadi lebih jauh kembali. Petugas evakuasi juga masih bersiaga di kubangan air.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkeliling-keliling memeriksa pintu air serta evakuasi banjir Jakarta pada Rabu (1/1/2020) siang. Anies menyebutkan berdasarkan laporan dari pintu air Depok, air kiriman akan datang di Manggarai Jakarta seputar jam 15.00 WIB. Ia minta semua masyarakat yang ada di bantaran Ciliwung untuk siaga.

“Semua lokasi wilayah saluran sungai harus siaga, petugas kita berada di lapangan untuk menolong jika air kiriman sampai di Jakarta. Ini suatu hal harus kita mengantisipasi walau hujan di Jakarta sudah surut,” kata Anies waktu mengevaluasi tanggul Latuharhari berkaitan banjir Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (1/1/2020).

Awalnya, air kiriman dari Katulampa direncanakan datang jam 18.00 WIB. Anies menyebutkan walau hujan sudah surut, bukan bermakna intimidasi banjir ikut surut.

“Walau curah hujan Jakarta mulai berkurang, tetapi kita anstisipasi air hadir dari pegunungan. Sebab barusan jam 9 pagi di Depok itu telah waspada 2. Yang dari Depok airnya nyampe Jakarta kurang lebih jam 3 sore. Katulampa kurang lebih sampai jam 6 sore,” katanya.

Dia pastikan faksinya konsentrasi evakuasi masyarakat serta tidak ada barisan DKI yang libur.

“Semua tempat ada banjir barisan kita langsung kunjungi evakuasi, barusan pagi evakuasi untuk yakinkan semua masyarakat selamat. Jadi semua titik banjir di Jakarta kita kunjungi petugas kita berada di sana,” katanya.

“Babak kita saat ini evakuasi selanjutnya mempersiapkan tempat penampungan sesaat, semua kantor, sekolah di DKI disediakan memuat. Semua petugas ini hari kerja. Barisan Pemprov tidak libur, semua turun lapangan. Mereka ditugaskan di setiap kelurahan untuk menolong,” Anies menandaskan

Pos terkait