Jaksa Agung Kantongi Calon Terduga Masalah Jiwasraya

  • Whatsapp
Jaksa Agung Kantongi Calon Tersangka Kasus Jiwasraya

Beritakotak.com, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin masih malas ungkap nama yang mempunyai potensi jadi terduga dalam sangkaan masalah tindak pidana korupsi dalam PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

“Itu masih rahasia, dong, kelak,” tutur Burhanuddin dikutip dari Di antara, Minggu (21/12/2019).

Bacaan Lainnya

Burhanuddin mengutarakan, sampai sekarang faksinya sudah mengecek 89 saksi atas masalah itu. Menurut dia, kontrol pada saksi-saksi terus dikerjakan, terhitung mengecek bekas direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Burhanuddin mengatakan jika PT Asuransi Jiwasraya s/d Agustus 2019 memikul kekuatan kerugian negara sebesar Rp13,7 triliun.

“Ini adalah prediksi awal. Jadi, Rp13,7 triliun cuma prediksi awal serta disangka ini semakin lebih dari itu,” sebut Burhanuddin.

Burhanuddin memberikan tambahan, faksinya sudah mempersiapkan team spesial untuk ungkap masalah sangkaan korupsi di perusahaan asuransi pelat merah itu. Team itu berisi 16 jaksa dengan rincian 12 anggota serta empat orang pimpinan.

Awalnya, PT Asuransi Jiwasraya disangka melanggar prinsip kehati-hatian dalam berinvestasi dengan pilih aset-aset beresiko tinggi untuk memburu keuntungan yang besar.

Masalah itu berawal dari laporan pengaduan warga serta Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta juga mengendus terdapatnya sangkaan tindak pidana korupsi semenjak 2014 s/d 2018.

PT Asuransi Jiwasraya lewat unit kerja pusat Bancassurance serta Aliansi Strategis jual produk JS Saving Rencana dengan penawaran prosentase bunga tinggi (condong di atas nilai rata-rata) sekitar di antara 6,5 % serta 10 % hingga mendapatkan penghasilan keseluruhan dari premi sebesar Rp53,27 triliun.

Pos terkait