Belum Ada Perpres, Istana Ucap Dewan Pengawas KPK Dapat Langsung Kerja

  • Whatsapp
Belum Ada Perpres, Istana Ucap Dewan Pengawas KPK Dapat Langsung Kerja

Beritakotak.com, Jakarta Staf Spesial Presiden Bagian Hukum Awal Purwono menyebutkan Dewan Pengawas Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) tidak butuh menanti ketentuan presiden (perpres) keluar untuk jalankan pekerjaannya.

Menurutnya, lima dewan pengawas langsung bisa kerja semenjak dikukuhkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Muat Lebih

“Sebenarnya Dewas bisa kerja sebab telah memiliki wewenang berdasar UU (UU Nomor 19 tahun 2019 mengenai KPK),” tutur Awal waktu di konfirmasi, Selasa (25/12/2019).

Awal pastikan jika perpres yang akan mengantur mengenai pembentukan organisasi pelaksana dewan pengawas instansi antirasuah itu akan selekasnya keluar. Tetapi, ia belum tahu dengan tentu kapan Jokowi akan menerbitkan perpres itu.

“Perpres itu kelak cuma akan (mengendalikan) pembentukan organ pelaksana pengawas oleh Dewas. Jadi beberapa hal yang berbentuk tehnis,” jelas ia.

Sudah diketahui, Jokowi sudah menunjuk lima dewan pengawas KPK yang datang dari beberapa latar, Jumat 20 Desember 2019. Mereka yaitu, Tumpak Panggabean, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, Harjono, serta Syamsuddin Haris.

Syamsuddin menjelaskan, Dewan PengawasKPK sekarang masih cuti serta menanti Ketentuan Presiden (Perpres) Jokowi. Dewas KPK direncanakan mulai aktif pada Januari 2020.

“Masalah tata kerja organisasi semua jenis yang kemungkinan kelak berbentuk Ketentuan Presiden, itu belumlah ada,” katanya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin 23 Desember 2019.

Mengenai pekerjaan dewan pengawas yakni mengamati serta memberi izin ataukah tidak memberi izin beberapa pengusutan KPK.

Diluar itu, dewan pengawas akan menegakkan kaidah pimpinan serta pegawai KPK.

Pos terkait