Gerindra Puji 5 Anggota Dewan Pengawas KPK

  • Whatsapp
Gerindra Puji 5 Anggota Dewan Pengawas KPK

Beritakotak.com, Jakarta – Politisi Gerindra, Hendarsam Marantoko minta, warga tidak berburuk kira pada lima anggota Dewan Pengawas Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) yang barusan dikukuhkan Presiden Jokowi.

Ia memandang, lumrah bila ada kebimbangan pada dewan pengawas. Ditambah lagi, mereka diambil oleh eksekutif. Dia cemas dewan pengawas dimasuki kebutuhan.

Muat Lebih

“Memang saya bertanya-tanya, dewan pengawas sebaiknya jangan diambil eksekutif, cemas conflict of interest,” tutur Hendarsam, Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Tetapi, penilaiannya perlahan-lahan beralih waktu tahu lima dewan pengawas KPK diisi oleh beberapa tokoh yang memahami mengenai pembasmian korupsi. Menurut dia, ke lima anggota dewan pengawas itu memiliki reputasi yang oke di bidang penegakan hukum.

“Saya harus berpikiran baik ke lima profil punya integritas yang mengagumkan. Janganlah lupa, mereka mengatakan tidak mencampuri masalah tehnis penyelidikan,” tegasnya.

Awalnya, Presiden Jokowi sah melantik Dewan Pengawas Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Istana Negara Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

Mengenai Dewan Pengawas KPK yang dikukuhkan yaitu Tumpak Panggabean, Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, serta Syamsuddin Haris.

Upacara pengukuhan ini dengan diawali pembacaan Ketetapan Presiden (Keppres) nomor 140/P tahun 2019 mengenai pengangkatan Dewan Pengawas KPK. Dalam Keppres ini, Ketua Dewan Pengawas KPK ialah Tumpak Panggabean. Sedang ke empat yang lain adalah anggota dewan pengawas.

Mereka selanjutnya membacakan sumpah serta janji Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023, selanjutnya diteruskan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan.

Pos terkait