Sah! Nagara Rimba Nusa Menggantikan Ibukota Jakarta, Ingin tahu Bentuknya?

  • Whatsapp
Sah Nagara Rimba Nusa Menggantikan Ibukota Jakarta, Ingin tahu Bentuknya

Beritakotak.com, Masih ingat Sayembara Pak Presiden Oktober tempo hari? Pak Jokowi membuat sayembara design Ibu Kota baru yang nanti akan dibuat di Kalimantan Timur. Lewat Kementerian Pekerjaan Biasa serta Perumahan Rakyat (PUPR), pada akhirnya diumumkanlah juara design sayembara Ibukota baru itu.

“Nagara Rimba Nusa” keluar jadi juara dari ide Design Ibu Kota Negara di waktu depan. Design Nagara Rimba Nusa adalah hasil karya dari Urban+ yang di pimpin oleh Sofian Sibarani sebagai pendiri Urban+ tersebut. Urban+ ialah kombinasi beberapa arsitek dari beberapa negara yaitu Sofian Sibarani (Pendiri Urban+), Ardzuna Sinaga, Rahman Andra Wijaya, Vincentius Hermwan, Winarko Hadi Susilo, Tedy Murtedjo, Scott Christoper Dunn, Li Xiao Qing, Poh Seng Tiok, serta Jason David Zlotkowski.

Nagara Rimba Nusa sendiri punya makna yakni pemerintahan (Nagara), rimba (Rimba), serta Pulau (Nusa). Team Urban+ pilih tiga segi ini jadi pendekatan sebab menggambarkan jati diri Indonesia yang di inspirasi dari Nusantara, negara berupa kepulauan jadi keunikan yang menjadikan satu bangsa Indonesia. Proses dari design Ibukota baru itu, sisi paling sulit menurut Sofian Sibarani ialah proses rencana dengan membuat kesetimbangan di antara pembangunan pada manusia serta pada alam.

Nagara Rimba Nusa gagasannya akan dibuat di wilayah dekat bukit Sepaku, tapi kemungkinan sedikit akan ke arah Balikpapan Bay. Sofian Ibarani mengklaim jika tidak ada negara atau kota spesial sebagai template dari design Nagara Rimba Nusa, ini murni inspirasi hadir betul-betul dari tempat.

Sebagai konsentrasi dari Nagara Rimba Nusa ini ialah satu permodelan kota yang sesuai pada lingkungan. Ini pasti memperbedakan ide Nagara Rimba Nusa dengan Ibukota Jakarta, dimana Nagara Rimba Nusa betul-betul Kota yang akan dibuat dari 0. Sedang Jakarta tidak punya peluang itu, riwayat telah lama tercipta di Jakarta, Jalanan, Gorong-gorong, perkampungan yang telah ada sejak dari awal jadikan Jakarta susah dipermak untuk jadikan Kota yang baik. Berlainan dengan Nagara Rimba Nusa yang sejak dari awal membuat dari 0, hingga bisa saja memperoleh ide paling baik untuk terbangunnya Kota yang Baik. Baik dari sisi pembangunan, instalasi, sampai mengantisipasi yang paling baik didukung pemerintahan yang makin baik.

Ide dari Nagara Rimba Nusa tentu saja ingin menonjolkan Smartcity yang dengan fisik ditonjolkan dalam pemakaian smart electricity atau meggunakan off grid yang ambil panas matahari untuk penerangan.

Bicara mengenai budget pembangunan Nagara Rimba Nusa, belum juga dengan detil diakui maksudnya supaya tidak batasi inspirasi yang sebaiknya mengalir dengan besar. Walau demikian, inspirasi yang dieksplorasi bukan inspirasi yang begitu susah diterapkan. Sebab masih inspirasi itu berdasar pada prinsip mimpi kota baik dengan mengangkat ide lingkungan yang baik.

Sebagai satu diantara Dewan Juri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa di sapa Kang Emil menerangkan fakta design Nagara Rimba Nusa diambil jadi juara. Ada banyak keunggulan dari Nagara Rimba Nusa menurut Kang Emil sebagai fakta design itu diambil beberapa Juri. Fakta itu diantaranya dari segi keberfungsian, efisiensi tempat yang compact, atau jati diri berkebangsaan, ruangan public serta demokrasi, monumentalitas jadi Ibukota Negara, sustainabilitas lingkungan, serta urban sistem yang baik.

Selamat bikin team Urban+ jadi juara dengan ide “Nagara Rimba Nusa”. Baru mendengarnya saja telah berkesan bagus serta berkarisma, ditambah lagi saat nanti lihat Riilnya. Mudah-mudahan pembangunan Ibukota baru ini mendapatkan kelancaran tidak cuma dari sisi pembangunan, tetapi dari sisi penambahan skala hidup warga Indonesia dan jadi pemacu semangat bikin pemerintah dan rakyat untuk jadikan Indonesia makin Berjaya dimata dunia.

Pos terkait